Tuesday, January 19, 2016

About my baby shoes label... Petita Petito

Did you know that I have a baby shoes label named Petita Petito? Awalnya saya menemukan betapa lucunya sepatu-sepatu bayi yang dijual di Etsy.com, tetapi harganya mahal sekali karena kebanyakan made in USA. Saat itu saya yang sedang cuti melahirkan berpikir kenapa tidak coba buat sendiri karena saya kan bisa menjahit dan membuat pola. Akhirnya keisengan saya ini membuahkan hasil sepatu imut-imut untuk baby Jilly.

My first handmade shoes, totally hand-sewn!

Kemudian saya berpikir, kenapa tidak saya coba jual saja secara online mumpung masih cuti melahirkan dan baby Jilly waktu itu lebih banyak tidur. Saya lihat di Instagram pun belum banyak yang menjual sepatu seperti ini di Indonesia. Maka saya pun membuat account Instagram bernama petitapetito untuk menjual sepatu-sepatu handmade saya. Ternyata responnya sangat baik, lumayan untuk menambah uang jajan untuk beli pernak-pernik lainnya buat Jilly.

Namun, kesibukan saya berjualan sepatu bayi ini akhirnya terhenti tidak berapa lama setelah saya masuk kantor kembali. Pekerjaan di kantor membuat saya kesulitan membalas pesanan-pesanan yang masuk lewat LINE dan Whatsapp. Akhirnya saya putuskan untuk berhenti dahulu berjualan sepatu bayi ini. 

Setelah setahun tidak berjualan, tiba-tiba adik saya yang memiliki usaha online berjualan tenda Indian untuk anak-anak mengatakan bahwa dia akan mengikuti bazaar di Jakarta dan meminta mami dan adik saya satu lagi yang menjaga standnya karena adik saya yang berjualan tenda ini tinggal di Riau ikut suaminya. Seketika itu saya berpikir untuk join bazaar dengannya dengan menjual sepatu bayi lagi. Selain itu, suami juga sudah resign dari kantornya dan sedang merintis usaha sendiri sehingga punya waktu luang untuk membantu saya menyiapkan bazaar ini. 

Ternyata suami sangat mendukung dan lebih niat dari saya sampai membuatkan meja display yang cukup unik. Karena saya bekerja kantoran dan pulangnya sibuk mengurus Jilly yang sudah mulai bandel, produksi sepatu saya oper ke staff jahit yang saya kenal di kantor dan dia mau mengerjakan dirumahnya. 

Ini meja display unik yang dibuat suami. Maaf gambarnya saya ambil dari Instagram petitapetito jadi ada tulisan happy fridaynya :)

Thank God bazaarnya cukup berhasil, untungnya lumayan untuk membesarkan usaha sepatu bayi ini. Malah suami yang jadi semangat menggarap Petita Petito. Sekarang suami yang lebih fokus kepada penjualan dan saya hanya mengurusi produksinya saja. Penjualan lewat online pun sudah aktif kembali dan follower Instagram petitapetito juga terus bertambah. Oh iya, banyak pesanan dari Singapura, Malaysia, dan Australia juga loh.

Ternyata anak memang membawa rejeki, kalau tidak ada anak mana mungkin saya kepikiran untuk membuat sepatu bayi seperti ini. Jilly is really my number one inspiration! Semoga usaha kecil kami ini bisa semakin maju dan saya bisa menjadi mompreneur yang sukses :D





 

No comments: